Arsip Berita Pengadilan

FESTIVAL BUDAYA SERATUS RIAM

(KEGIATAN KPA KUALA PEMBUANG DI RANTAU PULUT - Part 5)

 

Rantau Pulut - Rabu, tanggal 2 Oktober 2019, Ketua Pengadilan Agama Kuala Pembuang, Roni Fahmi, S.Ag. MA., mendampingi Bupati Seruyan menghadiri acara Festival Budaya Seratus Riam di Desa Rantau Pulut, Kecamatan Seruyan Tengah, Kabupaten Seruyan.

Acara Festival Seratus Riam dibuka langsung oleh Bupati Seruyan, Yulhaidir,  didampingi juga oleh Wakil Bupati Seruyan, Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kapolres Seruyan dan Perwira Penghubung 1015 Sampit, Kepala SKPD dan Camat serta jajarannya dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Seruyan, dan masyarakat.

Rangkaian acara diawali dengan jalan santai bersama dari stadion Haramaung Rantau Pulut menuju lokasi dengan jarak lebih kurang 1,5 Kilometer, sampai dilokasi Ketua Pengadilan Agama yang tergabung dalam rombongan Bupati disambut dengan  pantun dan tari selamat datang untuk selanjutnya dipersilahkan untuk menduduki panggung kehormatan.

seratus riam.1

Terlihat KPA Kuala Pembuang berjalan bersama Bupati menuju lokasi acara

seratus riam

Nampak KPA Kuala Pembuang bersama Bupati dan Wakil Bupati dipanggung kehormatan

Masyarakat begitu antusias untuk menyaksikan acara ini. Dalam sambutannya Bupati Seruyan, Yulhaidir, menyampaikan, “Dengan adanya Festival Budaya Seratus Riam, diharapkan dapat meningkatkan gairah masyarakat untuk berkreasi dan menumbuh kembangkan kecintaan terhadap budaya daerah dan melestarikan  nilai-nilai budaya lokal yang tumbuh dalam kehidupan masyarakat’.

SERATUS RIAM.11

seratus riam 2

Foto Tarian Daerah dan Tanda mata adat untuk wakil Bupati Seruyan

Dalam acara ini selain acara budaya, juga diadakan perlombaan panjat pinang, lomba gangsing, tarik tambang, berenang melawan arus, lomba menyelam dan berbagai lomba tradisional lainnya.

Ketika diwawancarai oleh Tim redaksi, Ketua Pengadilan Agama Kuala Pembuang, Roni Fahmi, menyambut baik acara festival Seratus Riam ini, karena moment ini bisa menjadi wahana untuk memperkenalkan dan menggali budaya dan potensi pariwisata lokal yang selama ini tidak banyak terekspose dan tentunya akan berimbas pada peningkatan potensi ekonomi masyarakat Rantau Pulut pada khususnya dan Kabupaten Seruyan pada umumnya.

Mari kita gali potensi pariwisata dan budaya lokal di Kabupaten Seruyan (Redaksi/IT)