Arsip Berita Pengadilan

PA KUALA PEMBUANG SELENGGARAKAN DDTK
PENGISIAN LAPORAN LEMBAR KERJA (LLK) PEGAWAI

 IMG 20201119 WA0010

Foto: Kegiatan DDTK Pengisian LLK Pegawai di PA Kuala Pembuang (19/11/2020)

Kuala Pembuang | pa-kualapembuang.go.id

KUALA PEMBUANG – Kamis (19/11/2020). Dalam rangka untuk menindaklanjuti temuan dari HATIBINWASDA serta meningkatkan SDM Hakim dan para Pegawai, Pengadilan Agama Kuala Pembuang menyelenggarakan DDTK Pengisian Laporan Lembar Kerja (LLK) dengan narasumber Alim Syam, S.E., staf Kasubbag Kepegawaian dan Ortala. Kegiatan DDTK tersebut dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB dan dilaksanakan di Ruang Utama PA Kuala Pembuang.

Kegiatan DDTK dibuka secara langsung oleh Suwondo, S.E. Sekretaris Pengadilan Agama Kuala Pembuang yang bertindak sebagai moderator. Acara ini dikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Para Hakim, Panitera, Sekretaris, Panitera Muda Permohonan, Panitera Muda Gugatan, dan seluruh Pegawai Pengadilan Agama Kuala Pembuang. Dalam sambutannya, Roni Fahmi, S.Ag., M.A. selaku Ketua Pengadilan Agama Kuala Pembuang mengharapkan agar seluruh pegawai dapat mengikuti DDTK dengan baik sehingga dapat mengaplikasikan materi dengan mengisi LLK masing-masing  setiap harinya, dan kepada atasan diinstruksikan agar menverifikasi LLK yang telah diisi tersebut pada keesokan harinya.

IMG-20201119-WA0011.jpg

Foto: Pegawai  PA Kuala Pembuang antusias mengikuti kegiatan
DDTK Pengisian LLK (19/11/2020)

Dalam pemaparnnya, Alim Syam menyampaikan bahwa dengan dilaksanakannya kegiatan DDTK ini diharapkan seluruh pegawai dapat mengoperasikan aplikasi LLK melalui aplikasi Simari Mahkamah Agung dengan baik dan benar. Diklat memegang peranan penting dan memiliki kontribusi yang cukup besar dalam mempersiapkan aparatur yang tidak saja profesional di bidangnya tetapi juga memiliki etos kerja tinggi serta selalu menjunjung tinggi etika dan moral yang tidak hanya dipahami dalam tataran teoritis, namun dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas dalam kehidupan sehari-hari. Diklat Di Tempat Kerja (DDTK) adalah diklat yang diselenggarakan ditempat kerja yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi teknis bagi ASN dan Hakim yang menjabat sebagai atasan ataupun bawahan.

Tujuan DDTK adalah untuk meningkatkan kompetensi teknis ASN dan Hakim sesuai tugas dan jabatannya masing-masing, serta mengembangkan wawasan tugasnya terkait dengan peraturan/kebijakan/ketentuan baru, teknologi baru, atau pengetahuan-pengetahuan baru yang relevan dengan tugas pokok dan fungsinya, memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi seluruh pegawai untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan sekaligus sebagai upaya peningkatan SDM.

Adapun prinsip penyelenggaraan DDTK antara lain, Pertama, DDTK harus dirancang berdasarkan gap competency secara spesifik dan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan klasikal di lokasi yang dipilih dan atau pembelajaran di tempat kerja dalam rangka peningkatan kompetensi tenaga teknis keagamaan, Kedua, program DDTK yang diselenggarakan dirancang dalam rangka meningkatkan kompetensi teknis pegawai melalui program pendidikan dan pelatihan, Ketiga, materi yang akan diberikan dikemas sesuai kebutuhan satuan kerja dengan menggunakan fasilitas kerja yang tersedia, Keempat, monitoring dan evaluasi penyelenggaraan DDTK dilakukan secara berkala oleh penanggung jawab program, dan Kelima, setiap kegiatan harus diakhiri dengan laporan.

Pada kesempatan tersebut, Roni Fahmi mengapresiasi kegiatan DDTK yang telah berjalan dengan baik dan lancer dengan antusiasme yang tinggi dari seluruh peserta. “DDTK mempunyai banyak manfaat antara lain efisiensi pembiayaan pelaksanaan diklat, mampu menjangkau target diklat yang lebih luas, memberikan kesempatan yang besar kepada seluruh pegawai untuk mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya” ungkapnya. (Redaksi/RSM)