Arsip Berita Pengadilan

RAPAT PENENTUAN KRETERIA ROLE MODEL DAN AGEN PERUBAHAN
PA KUALA PEMBUANG TAHUN 2021

 ROLE

Foto: Ketua PA Kuala Pembuang saat memimpin rapat penentuan kriteria role model
dan agen perubahan (07/01/2021)

Kuala Pembuang | pa-kualapembuang.go.id

KUALA PEMBUANG, Kamis, 07 Januari 2021. Dalam rangka pembangunan Zona Integritas, khususnya dalam pengembangan budaya kerja pada Pengadilan Agama Kuala Pembuang Tahun 2021, Pengadilan Agama Kuala Pembuang menyelenggarakan rapat penentuan kriteria pemilihan Role Model dan Agen Perubahan (agent of change).

Sebelum perumusan kriteria role model dan agen perubahan,  Ketua Pengadilan Agama Kuala Pembuang, Roni Fahmi, S. Ag., M.A. menjelaskan bahwa Pimpinan yang terdiri dari Ketua dan Wakil Ketua secara ex-officio menjadi Role Model karena jabatanya. Demikian juga dengan Panitera dan Sekretaris, secara ex-officio menjadi Role Model karena jabatanya. Pimpinan organisasi di lingkungan peradilan mempunyai pengaruh yang luas, sehingga perilaku pimpinan akan menjadi contoh bagi para pegawai untuk bertindak dan berperilaku. Perilaku pimpinan yang baik sesuai dengan nilai-nilai yang dianut organisasi akan mempermudah usaha untuk mengubah perilaku bawahannya. Selanjutnya disampaikan Agen Perubahan merupakan individu terpilih yang menjadi pelopor perubahan  dan sekaligus dapat menjadi contoh dan panutan dalam berperilaku yang mencerminkan integritas dan kinerja yang tinggi pada Pengadilan Agama Kuala Pembuang.

Agen Perubahan juga bertugas memberikan keyakinan kepada seluruh pegawai di Pengadilan Agama Kuala Pembuang masing-masing tentang pentingnya perubahan Pengadilan Agama Kuala Pembuang menuju ke arah yang lebih baik, selanjutnya menjelaskan bahwa Agen Perubahan adalah Penggerak Perubahan yang bertugas mendorong dan menggerakkan pegawai untuk ikut berpartisipasi dalam perubahan menuju ke arah Pengadilan Agama Kuala Pembuang menuju ke arah yang lebih baik terutama dalam rangka mendapatkan predikat WBK.

Dalam rapat kali ini Ketua PA Kuala Pembuang Roni Fahmi juga menyampaikan bahwa pedoman untuk menentukan kriteria agen perubahan telah termuat dalam Permenpan RB Nomor 27 Tahun 2014, dimana pada penjelasannya kriteria Agen Perubahan bagi setiap individu organisasi untuk dapat dipilih menjadi Agen Perubahan adalah sebagai berikut:
1. Berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara/TNI/POLRI.
2.
Tidak sedang menjalani hukuman disiplin pegawai.
3.
Bertanggungjawab atas setiap tugas yang diberikan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.
4. Taat aturan disiplin dan kode etik pegawai serta konsisten terhadap penegakan aturan disiplin dan kode etik.
5.
Mampu memberikan pengaruh positif bagi lingkungan organisasinya.
6. Inovatif dan proaktif terkait dengan pelaksanaan tugas fungsi dan upaya peningkatan kualitas pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Pada akhir rapat tersebut disepakati pada setiap bagian yaitu Hakim, Kepaniteraan dan Kesekretariatan agar mengajukan 2 (dua) nama untuk dijadikan nominator sebagai agen perubahan yang selanjutnya akan dipilih oleh Tim Penilai. (Redaksi/RSM)