Arsip Berita Pengadilan

PA KUALA PEMBUANG TETAPKAN ROLE MODEL TAHUN 2021

Role Model

Foto: Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris PA Kuala Pembuang ditetapkan menjadi Role Model

Kuala Pembuang | pa-kualapembuang.go.id

KUALA PEMBUANG - Senin, 11 Januari 2021. Pengadilan Agama Kuala Pembuang telah menetapkan Role Model untuk tahun 2021 yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris yang secara ex-officio menjadi Role Model karena jabatanya. Salah satu faktor penting penentu keberhasilan pengembangan budaya kerja dalam lingkungan Pengadilan Agama Kuala Pembuang adalah adanya keteladanan dari pimpinan yang mempunyai lingkar pengaruh luas, sehingga perilaku pimpinan akan menjadi contoh bagi para bawahan untuk  bertindak dan berperilaku.

Role Model Pimpinan Pengadilan Agama Kuala Pembuang tahun 2021 untuk Kategori Peningkatan Profesionalisme dan Disiplin Kerja diprakarsai oleh Roni Fahmi, S.Ag., M.A. (Ketua PA Kuala Pembuang) dan Riduan, S.H.I. (Wakil Ketua PA Kuala Pembuang). Adapun Role Model Kategori Peningkatan Integritas dan Kejujuran diprakarsai oleh R. Syam'ani, S.H.I. (Panitera PA Kuala Pembuang) dan Suwondo, S.E. (Sekretaris PA Kuala Pembuang).

Role Model adalah orang yang menjadi contoh, dimana perilaku orang tersebut diikuti oleh orang lain sebagaimana falsafah kepemimpinan Pancasila yang berbunyi “Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani”. Dalam sebuah organisasi, keteladanan pimpinan menjadi salah satu faktor terpenting untuk mengubah dan perilaku dan budaya kerja. Selain memiliki kewenangan untuk memberikan instruksi, pimpinan organisasi juga dapat menanamkan nilai-nilai positif kepada bawahannya melalui perilaku sehari-hari ditempat kerja. Dengan demikian, pimpinan diharapkan mampu menjadi Role Model bagi orang-orang yang dipimpinnya. Role Model Pimpinan dalam pengembangan perilaku dan budaya kerja dalam konteks ini adalah pimpinan atau pejabat memiliki satu atau beberapa aspek yang menonjol, konsisten dan berusaha mempromosikannya kepada para bawahannya dalam setiap kesempatan. Karena itu, selain menjadi inspirator seorang Role Model adalah juga motivator bagi para bawahannya.

Tugas Role Model Pengadilan Agama Kuala Pembuang kategori Peningkatan Profesionalisme dan Disiplin Kerja mencakup hal-hal sebagai berikut: mendorong peningkatan kinerja organisasi, mendorong dipatuhinya praturan-peraturan kepegawaian untuk meminimalkan penyimpangan, mendorong pemberian reward and punishment, mendorong peningkatan kedisiplinan kerja pegawai, mendorong peningkatan motivasi dalam bekerja dan mendorong peningkatan kreatifitas dalam bekerja.

Sedangkan tugas Role Model kategori Peningkatan Integritas dan Kejujuran antara lain sebagai berikut: mengupayakan tiadanya penyalahgunaan anggaran DIPA 01 dan 04 yang merugikan negara, mendorong transparansi publik melalui pemberian informasi via website, memotivasi pegawai untuk menjaga nama baik organisasi baik didalam maupun luar tempat kerja, mendorong pegawai untuk selalu menyesuaikan ucapan dan tindakan dan memotivasi anggota organisasi agar berperilaku sebagaimana terucap dalam sumpah jabatan. (Redaksi/EAN)