Arsip Berita Pengadilan

PENOBATAN AGEN PERUBAHAN (AGENT OF CHANGE)
PA KUALA PEMBUANG TAHUN 2021

Agen perubahan

Foto: Ketua dan Wakil Ketua PA Kuala Pembuang saat memberikan piagam penghargaan
kepada para Agen Perubahan PA Kuala Pembuang Tahun 2021 (11/01/2021)

Kuala Pembuang | pa-kualapembuang.go.id

KUALA PEMBUANG - Senin, 11 Januari 2021. Sebagai implementasi dari APM yang berkesinambungan dan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Pengadilan Agama Kuala Pembuang telah memilih dan menetapkan Agen Perubahan (Agent of Change) Tahun 2021.

Agen Perubahan Pengadilan Agama Kuala Pembuang mewakili setiap bagian yaitu Hakim, Kepaniteraan dan Kesekretariatan dipilih melalui seleksi yang independen oleh Tim Penilai Agen Perubahan sesuai dengan kriteria yang telah diatur dalam SK Ketua Pengadilan Agama Kuala Pembuang. Hasil penilaian nominasi Agen Perubahan kemudian ditetapkan oleh Ketua Pengadilan Agama Kuala Pembuang. Adapun para pegawai yang ditetapkan menjadi Agen Perubahan tahun 2021 adalah Eko Apriandi, S.H. dari unsur Hakim untuk Kategori Integritas, M. Misbahul Ulum, S.H.I. dari unsur Bagian Kepaniteraan untuk Kategori Profesionalitas dan Alim Syam, S.E. dari unsur Bagian Kesekretariatan untuk Kategori Loyalitas dan Kedisiplinan.

Agen Perubahan (Agent of Change) Pengadilan Agama Kuala Pembuang memiliki peran yang strategis sebagai berikut: 1). Sebagai Katalis yang bertugas memberikan keyakinan kepada seluruh pegawai di Pengadilan Agama Kuala Pembuang masing-masing tentang pentingnya perubahan Pengadilan Agama Kuala Pembuang menuju kearah yang lebih baik. 2). Sebagai Penggerak Perubahan yang bertugas mendorong dan menggerakkan pegawai untuk ikut berpartisipasi dalam perubahan menuju ke arah Pengadilan Agama Kuala Pembuang menuju kearah yang lebih baik. 3). Sebagai Pemberi Solusi yang bertugas memberikan alternatif solusi kepada para pegawai atau pimpinan di Pengadilan Agama Kuala Pembuang yang menghadapi kendala dalam proses berjalannya perubahan Pengadilan Agama Kuala Pembuang menuju Pengadilan Agama Kuala Pembuang yang lebih baik. 4). Sebagai Mediator yang bertugas membantu memperlancar proses perubahan, terutama menyelesaikan masalah yang muncul dalam penerapan Zona Integritas/Reformasi Birokrasi menuju WBK dan WBBM dilingkungan Pengadilan Agama Kuala Pembuang terkait dalam proses perubahan. 5). Sebagai Penghubung yang bertugas menghubungkan komunikasi dua arah antara pegawai di Pengadilan Agama Kuala Pembuang dengan para pengambil keputusan. 6). Sebagai Teladan (Role Model) yang bertugas sebagai individu yang dapat dijadikan contoh dalam berprestasi, bertingkahlaku, berpikir, dalam pola yang lebih maju.

Selamat kepada para Pegawai yang telah ditetapkan sebagai Agen Perubahan Pengadilan Agama Kuala Pembuang tahun 2021, semoga dapat melaksanakan tugas dengan baik menjadi garda depan penggerak perubahan. (Redaksi/EAN)