Arsip Berita Pengadilan

TIM KERJA ZI PA KUALA PEMBUANG IKUTI ENTRY MEETING
DESK EVALUATION
PMPZI MENUJU WBK

desk 1

Foto: Tim Kerja Pembangunan ZI PA Kuala Pembuang saat mengikuti Entry Meeting Desk Evaluation PMPZI
yang diselenggarakan oleh Bawas MA RI secara virtual (03/05/2021)

Kuala Pembuang│pa-kualapembuang.go.id

KUALA PEMBUANG - Senin, 03 Mei 2021. Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas PA Kuala Pembuang mengikuti kegiatan Entry Meeting Desk Evaluation PMPZI Menuju WBK yang diselenggarakan oleh Badan Pengawasan MA RI selaku Tim Penilai Internal (TPI) dan dibuka secara langsung oleh Bapak Dwiarso Budi Satriarto, Katua Bawas MA RI.

Acara tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Undangan dari Badan Pengawasan MA RI Nomor: 662/BP/KP.02.1/4/2021 tertanggal 26 April 2021. PA Kuala Pembuang masuk satker yang diusulkan mengikuti penilaian ZI tahap IV dan tergabung dalam Tim 8 bersama dengan 10 satker lainnya.

Dalam sambutan pembukaan acara tersebut, Kabawas memberikan beberapa materi pembinaan diantaranya: Pertama, catatan penting hasil evaluasi pada tahap sebelumnya tentang pengisian LKE ZI secara lengkap, melengkapi data secara up to date terutama pada komponen hasil yang meliputi survei dan tindak lanjut hasil pengawasan serta memastikan dokumen eviden ZI tepat saji, tepat isi dan tepat substansi. Kedua, tentang langkah strategis membangun ZI yang meliputi komitmen Pimpinan dan semua pegawai, menyediakan fasilitas untuk kepuasan publik, membuat program yang menyentuh masyarakat, melakukan monev secara berkelanjutan dan manajemen media untuk publikasi kepada masyarakat. Ketiga, tentang hal-hal yang harus dihindari dalam pembangunan ZI diantaranya hanya berorientasi pada reward, proses pembangunan ZI yang instan, kurang melibatkan stakeholder, mindset dokumentasi tanpa melihat substansi, hanya melibatkan beberapa individu saja (super man) dan inovasi yang tidak berdasar pada kebutuhan masyarakat.

desk 2

Foto: Kepala Bawas MA RI saat memberikan sambutan dan pembinaan
pada acara Entry Meeting Desk Evaluation PMPZI (03/05/2021)

Acara dilanjutkan dengan perkenalan Tim Penilai Internal (TPI) Bawas MA RI yang terdiri dari Supervisor dan para Evaluator serta penyampaian beberapa informasi dan catatan dari para Supervisor tentang teknis pelaksanaan PMPZI menuju WBK. Ada beberapa catatan yang disampaikan dalam kesempatan tersebut antara lain masing-masing satker memastikan semua eviden telah terupload di aplikasi PMPZI, eviden yang diupload di PMP ZI dianggap eviden final, sehingga tidak bisa dirubah lagi dan eviden itulah yang akan dinilai oleh TPI, informasi yang disampaikan oleh TPI melalui WA Group Desk Evaluation harus disampaikan kepada seluruh Pegawai Pengadilan agar informasi tersebut dapat tersampaikan kepada seluruh pegawai dengan utuh, hasil Penilaian Desk Evaluation akan dibahas di rapat pleno TPI Bawas untuk ditentukan hasil akhirnya, pada Komponen Hasil untuk IPK dan SKM jangan hanya berisi tabulasi saja, tetapi harus ada laporan formal yang lengkap, ditandatangani pejabat, memuat data responden, waktu pelaksanaan survey, tindak lanjut hasil pengawasan eksternal/hawasbid dan internal/Hatiwasda harus mencapai 100% dan lengkap dengan dokumen pendukung/eviden, selama proses Desk Evaluation yang dilaksanakan pada tanggal 3-12 Mei 2021 dianjurkan kepada satker untuk lebih sering membuka aplikasi PMPZI agar bisa segera melihat dan memperbaiki catatan-catatan yang diberikan oleh TPI selaku Evaluator. (Redaksi/EAN)