Arsip Berita Pengadilan

Rapat Evaluasi Bulanan PA Kuala Pembuang
Bahas Penilaian Kinerja Triwulan II

 Rapat bulanan 1

Foto: Ketua PA Kuala Pembuang saat memimpin rapat rutin bulanan
dan evaluasi kinerja satker triwulan II (09/09/2021)

Kuala Pembuang│pa-kualapembuang.go.id

Seruyan – Kamis, 09 September 2021. PA Kuala Pembuang menyelenggarakan rapat evaluasi dan pembinaan rutin bulanan yang dilaksanakan di gazebo ruang rapat utama dan diikuti oleh Pimpinan, Hakim, Panitera, Sekretaris, Pegawai dan pegawai honorer/PPNPN. Rapat evaluasi tersebut dipimpin langsung oleh Ketua PA Kuala Pembuang, Riduan, S.H.I. dan dipandu oleh Sekretaris PA Kuala Pembuang, Suwondo, S.E.

Pada awal rapat, Riduan menyampaikan tentang evaluasi hasil penilaian prestasi kinerja satker untuk periode triwulan II tahun 2021 sesuai dengan Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor: 2433/DjA/OT.1.2/8/2021, tanggal 6 Agustus 2021, perihal "Penilaian Dalam Prestasi Kinerja di Lingkungan Peradilan Agama Triwulan II Tahun 2021". Berdasarkan surat tersebut, peringkat PA Kuala Pembuang kembali naik dengan berhasil menempati posisi urutan ke-34 dari keseluruhan 222 satker Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah Kelas II di seluruh Indonesia.

 Rapat bulanan 2

Foto: Pegawai PA Kuala Pembuang saat mengikuti rapat rutin bulanan
dan evaluasi kinerja satker triwulan II (09/09/2021)

PA Kuala Pembuang pada periode Triwulan II tahun 2021 ini memperoleh nilai total sebesar 69,30%, sehingga menjadi satker dengan urutan nomor wahid diantara satker PA di wilayah Kalimantan Tengah. Beberapa aspek penilain yang mengalami peningkatan nilai diantaranya adalah SIPP yang telah mencapai nilai 19,99%, penyerapan DIPA 01 yang baru mencapai nilai 2,86%, penyerapan DIPA 04 telah mencapai nilai maksimal 5%, SKP yang mencapai nilai maksimal 5%, inovasi 1,35%, dan website 4,97%. Adapun aspek penilain yang belum maksimal dan harus ditingkatkan di periode triwulan berikutnya diantaranya adalah e-Court, mediasi, banding, inovasi dan Zona Integritas. Riduan berharap pada triwulan III tahun 2021 aspek penilaian yang masih rendah dan yang belum sempurna tersebut dapat ditingkatkan, sehingga dapat meningkatkan nilai prestasi kinerja satker.

Untuk mempercepat penyerapan DIPA 01 pada triwulan III tahun 2021 ini, dapat disiasati dengan memaksimalkan alokasi belanja barang dan belanja modal. Terkait dengan upaya peningkatan jumlah perkara e-Court, setiap pekan ditargetkan minimal ada 1 (satu) perkara yang didaftarkan secara elektronik melalui aplikasi e-Court, sehingga tiap bulannya ditargetkan minimal ada 4 (empat) perkara e-Court. Untuk nilai banding, mediasi, inovasi dan ZI pada triwulan III dipastikan akan naik karena terdapat perkara banding perdana, keberhasilan 1 (satu) perkara mediasi, launching inovasi buku saku PTSP dan SIPAPPA serta masuknya PA Kuala Pembuang dalam usulan satker yang mengikuti penilaian ZI oleh Kementerian PAN RB.

Setelah menyampaikan evaluasi tentang penilaian kinerja satker, Riduan selanjutnya mengingatkan Tim ZI untuk mempersiapkan costumer base dan responden list dalam rangka persiapan survei eksternal TPN Kementerian PAN RB. Beliau juga kembali menekankan kepada bagian PTSP selaku garda terdepan dan wajah pengadilan untuk benar-benar menerapkan budaya kerja 3S (senyum, salam dan sapa) serta menerapkan hospitality dalam memberikan pelayanan kepada para pencari keadilan. (Redaksi/EAN)


WhatsApp-Button WhatsApp-Button WhatsApp-Button WhatsApp-Button