Arsip Berita Pengadilan

PA KUALA PEMBUANG HADIRI RAKORDA PTA PALANGKA RAYA
DAN PENGADILAN AGAMA SE-WILAYAH KALIMANTAN TENGAH

 RAKORDA 2

Foto: Ketua, Panitera dan Sekretaris PA Kuala Pembuang bersama Pimpinan PTA Palangka Raya
saat Acara Pembukaan Rakorda Tahun 2021 (25/03/2021)

Kuala Pembuang│pa-kualapembuang.go.id

PALANGKA RAYA – Jum'at, 26 Maret 2021. Ketua, Panitera dan Sekretaris PA Kuala Pembuang menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi PTA Palangka Raya dan Pengadilan Agama se-wilayah Kalimantan Tengah tahun 2021 yang diselenggarakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 25-26 Maret 2021 bertempat di Hotel Neo Palma Palangka Raya.

Rapat Koordinasi Daerah Tahun 2021 tersebut mengangkat tema: "Melalui Rapat Koordinasi Tahun 2021 Kita Dukung Kebijakan Nasional Ditjen Badilag untuk Membangun Peradilan Agama Modern Berkelanjutan menuju Birokrasi Kelas Dunia". Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh satker Pengadilan Agama di wilayah hukum PTA Palangka Raya yang seluruhnya berjumlah 13 (tiga belas) satker dengan ketentuan peserta tiap Pengadilan Agama diwakili oleh Ketua, Panitera dan Sekretaris.

RAKORDA 3

Foto: Ketua PA Kuala Pembuang, Roni Fahmi, S.Ag., M.A. saat bertugas memimpin do’a
pada Acara Pembukaan Rakorda Tahun 2021 (25/03/2021)

Acara Rakor merupakan agenda kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh PTA Palangka Raya dalam rangka melakukan pembinaan dan evaluasi kinerja satker Pengadilan Agama di lingkungan PTA Palangka Raya. Acara Pembukaan Rakor tersebut diawali dengan laporan oleh Drs. H. Moh. Mujib, M.H. Hakim Tinggi PTA Palangka Raya selaku Ketua Panitia, kemudian dibuka langsung oleh Ketua PTA Palangka Raya Dr. H. Samparaja, S.H., M.H. yang didampingi oleh Drs. H. Makmun, S.H., M.H., Wakil Ketua PTA Palangka Raya, Drs. Hairil Anwar, M.H., Panitera PTA Palangka Raya dan Hj. Laila Istiadah, S.Ag., Sekretaris PTA Palangka Raya dan dihadiri oleh seluruh Hakim Tinggi PTA Palangka Raya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan sidang komisi, peserta rakorda dibagi menjadi 3 (tiga) komisi yang terdiri dari Komisi Teknis Yustisial yang diikuti oleh para Ketua Pengadilan Agama, Komisi Bidang Kepaniteraan yang diikuti oleh para Panitera Pengadilan Agama dan Komisi Bidang Kesekretariatan yang diikuti oleh para Sekretaris Pengadilan Agama. Masing-masing komisi didampingi oleh Hakim Tinggi PTA Palangka Raya dengan materi pembahasan seputar berbagai permasalahan yang ditemukan pada satuan kerja masing-masing Pengadilan Agama sesuai dengan Daftar Inventaris Masalah (DIM) yang telah disusun. Hasil pembahasan dalam masing-masing komisi akan disampaikan pada rapat pleno diakhir acara rakorda.

Dalam acara penutupan rakorda, Ketua PTA Palangka Raya berkesempatan melaunching inovasi 3 (tiga) aplikasi baru yaitu SiACuN (Sistem Aplikasi Cuti Online), SI-ADING (Sistem Informasi Banding) dan SIAPPAK (Sistem Informasi Administrasi Pelaporan Perkara dan Administrasi Keuangan).

PTA Palangka Raya juga memberikan penghargaan sejumlah 21 kategori kepada Pengadilan Agama se-wilayah Kalimantan Tengah yang telah berprestasi dan berkinerja terbaik selama tahun 2020 sesuai dengan penilaian yang telah dilakukan oleh Tim Penilai PTA  Palangka Raya. Walhasil, PA Kuala Pembuang berhasil meraih 9 (sembilan) penghargaan dan menempati posisi Juara Umum ke-2. (Redaksi/EAN)