e-Court

e Court

 

Pengertian

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online, Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik, dan Persidangan yang dilakukan secara Elektronik.

  •  e-Filing (Pendaftaran Perkara Online di Pengadilan)
  •  e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online)
  •  e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online)
  •  e-Litigation (Persidangan secara online)

LAYANAN

Dalam hal pendaftaran perkara Online, saat ini dikhususkan untuk Advokat. Pengguna terdaftar harus setelah mendaftar dan mendapatkan Akun, harus melalui mekanisme validasi Advokat oleh Pengadilan Tinggi tempat dimana Advokat disumpah, sedangkan pendaftaran dari Perseorangan atau Badan Hukum akan diatur lebih lanjut. Layanan dan Penjelasan singkat Pendaftaran Perkara Online

Pengguna Terdaftar dan Pengguna Lainnya

Advokat selaku Pengguna Terdaftar dan Para Pencari Keadilan (Non-Advokat) selaku Pengguna Lainnya yang sudah terdaftar dapat beracara di seluruh Pengadilan yang sudah aktif dalam pemilihan saat mau mendaftar perkara baru.

Pendaftaran Perkara (e-Filing)

Pendaftaran perkara online dilakukan setelah terdaftar sebagai pengguna terdaftar dengan memilih Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, atau Pengadilan TUN yang sudah aktif melakukan pelayanan e-Court. Semua berkas pendaftaran dikirim secara elektronik melalui aplikasi e-Court Makamah Agung RI.

Taksiran Panjar Biaya (e-Skum)

Dengan melakukan pendaftaran perkara online melalui e-Court, Pendaftar akan secara otomatis mendapatkan Taksiran Panjar Biaya (e-SKUM) dan Nomor Pembayaran (Virtual Account) yang dapat dibayarkan melalui saluran elektronik (Multi Channel) yang tersedia

Mendapatkan Nomor Perkara

Setelah Pendaftar melakukan pembayaran sesuai Taksiran Panjar Biaya (e-Skum), Pengadilan memberikan Nomor Perkara pada hari dan jam kerja, kemudian aplikasi e-Court akan memberikan notifikasi/pemberitahuan bahwa perkara sudah terdaftar di Pengadilan

Pemanggilan Pihak secara online (e-Summon)

Panggilan sidang dan Pemberitahuan Putusan disampaikan kepada para pihak melalui saluran elektronik ke alamat email para pihak serta informasi panggilan tersebut bisa dilihat pada aplikasi e-Court.

Persidangan secara Elektronik (e-Litigasi)

Aplikasi mendukung dalam hal persidangan secara elektronik (online) sehingga dapat dilakukan pengiriman dokumen persidangan seperti Replik, Duplik, Jawaban dan Kesimpulan secara elektronik.

Salinan Putusan secara Elektronik (e-Salinan)

Aplikasi memuat informasi putusan yaitu tanggal putusan, amar putusan, tanggal minutasi dan salinan putusan elektronik dapat diunduh melalui aplikasi ini.

Tanda Tangan Elektronik (e-Sign)

Penandatanganan berkas Salinan Putusan Elektronik.

E-SIGNATURE

Untuk kelancaran dalam mendukung program e-Court Mahkamah Agung RI bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melalui Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) yang merupakan lembaga pemerintah yang menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang keamanan siber dan persandian sebagai sarana pengamanan legalitas dokumen perkara.

E-PAYMENT

Untuk kelancaran dalam mendukung program e-Court Mahkamah Agung RI bekerja sama dengan Bank Pemerintah dalam hal manajemen Pembayaran Biaya Panjar Perkara . Dalam Hal ini Bank yang telah ditunjuk menyediakan Virtual Account (Nomor Pembayaran) sebagai sarana pembayaran kepada Pengadilan tempat mendaftar perkara

 

REGISTRASI PENGGUNA TERDAFTAR (ADVOKAT)

Registrasi Advokat

 

  1. Pilih register Pengguna Terdaftar pada link

https://ecourt.mahkamahagung.go.id/register

  1. Pendaftaran Pengguna Terdaftar dengan melengkapi nama, email, dan password;
  2. Aktivasi akun melalui email;
  3. Login ke link :

https://ecourt.mahkamahagung.go.id/login

  1. Melengkapi data advokat;
  2. Unggah dokumen pendukung advokat berupa Kartu Tanda Anggota (KTA), Berita Acara Sumpah, Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  3. Akun terverifikasi;

 

REGISTRASI PENGGUNA PERORANGAN

  1. Pengguna Lainnya datang ke pengadilan dengan membawa kartu identitas, alamat email yang valid, dan password;
  2. Petugas di pengadilan akan membantu registrasi Pengguna Lainnya;
  3. Aktifasi akun melalui email;
  4. Login ke link :

https://ecourt.mahkamahagung.go.id/login

  1. Melengkapi data diri sebagai perseorangan, Pemerintah, Badan Hukum;
  2. Unggah dokumen KTP/ Surat Kuasa/ Akta;
  3. Akun terverifikasi.

 

REGISTRASI GUGATAN ONLINE (e-FILLING)

Registrasi Gugatan Online

 

  1. Login ke link : 

https://ecourt.mahkamahagung.go.id/login

  1. Pilih pengadilan tujuan pendaftaran perkara;
  2. Pengguna terdaftar / pengguna lainnya mendapatkan nomor register pendaftaran online;
  3. Unggah dokumen surat kuasa yang telah bermaterai untuk pengguna terdaftar;
  4. Mengisi identitas para pihak;
  5. Unggah berkas perkara;
  6. Data para pihak sudah terekam dan lanjut ke proses pembayaran panjar perkara;

 

PEMBAYARAN PANJAR PERKARA (e-FILLING)

e Payment2

 

  1. Taksiran panjar perkara;
  2. Surat kuasa untuk membayar elektronik (e-skum)
  3. Mendapatkan rekening virtual dari bank;
  4. Mendapat notifikasi rekening virtual melalui surat elektronik
  5. Pembayaran panjar ongkos perkara sesuai nominal (jangka waktu pembayaran 1x24 jam) melalui Bank pemerintah yang telah ditunjuk untuk mendukung program e-court mahkamah agung RI;

 

PEMANGGILAN PERSIDANGAN SECARA ONLINE (e-SUMMONS)

e Summons2

 

  1. Pengadilan melakukan verifikasi dan validasi;
  2. Mendapatkan nomor perkara;
  3. Mendapat panggilan persidangan yang dikirim melalui email;