Arsip Berita Pengadilan

KULTUM RAMADHAN PA KUALA PEMBUANG HARI KE-2
“AGAR ISTIRAHAT BERNILAI TAAT”

kultum 1

Foto: Plt. Kasubag Umum dan Keuangan PA Kuala Pembuang saat menyampaikan taushiyah
dalam kegiatan Kultum Ramadhan di musholla PA Kuala Pembuang (14/04/2021)

Kuala Pembuang│pa-kualapembuang.go.id

Kuala Pembuang - Rabu, 14 April 2021. Memasuki hari ke-2 bulan Ramadhan 1442 Hiriyah, sebagaimana jadwal petugas yang telah diatur secara bergilir, setelah selesai melakukan shalat Dzuhur berjamaah dilanjutkan kegiatan Kultum Ramadhan. Dalam kesempatan tersebut, Plt. Kasubag Umum dan Keuangan, Alim Syam, S.E. mendapat jadwal untuk memberikan tausiyah dengan dipandu Maziyah Cahyaning Shiyam, S.H. Adapun materi kultum yang disampaikana adalah “Agar istirahat bernilai taat”.

Mengawai materi kultum, Alim Syam membacakan firman Allah SWT yang mempunyai kandungan makna tentang istirahat/tidur yaitu Surah Ar-Ruum ayat 23 yang artinya “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan”.

kultum 2

Foto: Pegawai PA Kuala Pembuang saat mengikuti Kultum hari ke-2 Ramadhan 1442 H (14/04/2021)

Alim Syam juga mengajak jamaah kultum untuk merenungi tentang porsi istirahat dalam jangka waktu hidup di dunia, “Jika dalam sehari (24 Jam) rata-rata kita tidur dalam 8 jam, maka sepanjang hidup kita telah menghabiskan sepertiga dari umur kita hanya untuk tidur”, ujarnya.

Lebih lanjut, pria asal Masamba tersebut menjelaskan secara rinci tentang keutamaan, hikmah, beberapa hukum terkait tidur/istirahat beserta adab dan kesunahannya. Dengan memahami semua materi yang telah disampaikan tersebut, diharapkan istirahat/tidur kita akan bernilai ibadah. (Redaksi/ALS)


WhatsApp-Button WhatsApp-Button WhatsApp-Button WhatsApp-Button