SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA BULAN RAMADHAN 1442 H

Segenap Pimpinan dan Pegawai Mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1442 H
SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA BULAN RAMADHAN 1442 H

9 CAPAIAN KINERJA TERBAIK PA KUALA PEMBUANG TAHUN 2020

Juara Umum II Pengadilan Agama Berkinerja Terbaik Se-Wilayah Kalimantan Tengah 2020 dan 9 Capaian Kinerja Terbaik PA Kuala Pembuang Tahun 2020
9 CAPAIAN KINERJA TERBAIK PA KUALA PEMBUANG TAHUN 2020

SELAMAT ULANG TAHUN IKAHI (IKATAN HAKIM INDONESIA) KE-68

Keluarga Besar PA Kuala Pembuang mengucapkan Selamat Ulang Tahun IKAHI (Ikatan Hakim Indonesia) ke-68 "Soliditas IKAHI Dalam Mengawal Modernisasi Peradilan di Era Pandemi Covid-19 Menuju Peradilan yang Agung"
SELAMAT ULANG TAHUN IKAHI (IKATAN HAKIM INDONESIA) KE-68

SELAMAT ATAS PENGUCAPAN SUMPAH JABATAN WAKIL KETUA MA RI BIDANG YUDISIAL

Selamat Atas Pengangkatan dan Pengucapan Sumpah Jabatan dari Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Yudisial – Dr. H. Andi Samsan Nganro, S.H, M.H.
SELAMAT ATAS PENGUCAPAN SUMPAH JABATAN WAKIL KETUA MA RI BIDANG YUDISIAL

SELAMAT ATAS PENGUKUHAN KETUA MAHKAMAH AGUNG RI SEBAGAI GURU BESAR

Selamat dan sukses atas pengukuhan Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.A. (KETUA MA RI) sebagai Guru Besar Tidak Tetap Bidang Ilmu Hukum Pidana UNDIP Semarang
SELAMAT ATAS PENGUKUHAN KETUA MAHKAMAH AGUNG RI SEBAGAI GURU BESAR

SELAMAT ATAS PELANTIKAN PANITERA MAHKAMAH AGUNG RI

Selamat dan Sukses atas pelantikan Dr. RIDWAN MANSYUR,S.H.,M.H. sebagai PANITERA MAHKAMAH AGUNG RI
SELAMAT ATAS PELANTIKAN PANITERA MAHKAMAH AGUNG RI

Selamat Datang di Situs Resmi Pengadilan Agama Kuala Pembuang

Selamat Datang di Situs Resmi Pengadilan Agama Kuala Pembuang

Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP)

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi penanganan perkara dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP)

CEGAH PENYEBARAN VIRUS COVID-19 DENGAN PENDAFTARAN PERKARA MENGGUNAKAN E-COURT

CEGAH PENYEBARAN VIRUS COVID-19 DENGAN PENDAFTARAN PERKARA MENGGUNAKAN E-COURT

GUGATAN / PERMOHONAN MANDIRI

Gugatan / Permohonan Mandiri Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.
GUGATAN / PERMOHONAN MANDIRI

SELAMAT ATAS PENGUCAPAN SUMPAH JABATAN WAKIL KETUA MA RI BIDANG YUDISIAL

Selamat Atas Pengangkatan dan Pengucapan Sumpah Jabatan dari Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Yudisial – Dr. H. Andi Samsan Nganro, S.H, M.H.
SELAMAT ATAS PENGUCAPAN SUMPAH JABATAN WAKIL KETUA MA RI BIDANG YUDISIAL

SELAMAT ULANG TAHUN IKAHI (IKATAN HAKIM INDONESIA) KE-68

Keluarga Besar PA Kuala Pembuang mengucapkan Selamat Ulang Tahun IKAHI (Ikatan Hakim Indonesia) ke-68
SELAMAT ULANG TAHUN IKAHI (IKATAN HAKIM INDONESIA) KE-68

Cara Memperoleh Informasi

Tata Cara Memperoleh Pelayanan Informasi

Secara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut

a. Prosedur Biasa; dan
b. Prosedur Khusus.

a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik;
b. Informasi yang diminta bervolume besar;
c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau
d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik atau informasi yang secara tegas dinyatakan sebagai informasi yang rahasia sehingga harus mendapat ijin dan diputuskan oleh PPID.

a. Termasuk dalam kategori yang wajib diumumkan;
b. Termasuk dalam kategori informasi yang dapat diakses publik dan sudah tercatat dalam Daftar Informasi Publik dan sudah tersedia (misal: sudah diketik atau sudah diterima dari pihak atau pengadilan lain);
c. Tidak bervolume besar (jumlahnya tidak banyak); dan/atau
d. Perkiraan jumlah biaya penggandaan dan waktu yang dibutuhkan untuk penggandaan dapat dilakukan dengan mudah.

A. Prosedur Biasa

Pelayanan informasi dengan menggunakan prosedur biasa yaitu Pemohon Informasi datang langsung memohon infomasi baik secara lisan maupun tertulis di Meja Informasi Pengadilan Tinggi Agama Jambi.

  • Prosedur Pelayanan Biasa  dan Jangka waktu Penyelesaian Pelayanan sebagaimana gambar berikut: Prosedur Permohonan Informasi Biasa
  1. Pemohon mengisi Formulir Permohonan Informasi yang disediakan Pengadilan  dan memberikan salinannya kepada Pemohon (format Formulir Pemohonan  Model A dalam Lampiran III ).
  2. Petugas Informasi mengisi Register Permohonan (format Register Permohonan dalam Lampiran IV ).
  3. Petugas Informasi langsung meneruskan formulir permohonan kepada Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja terkait, apabila informasi yang  diminta tidak termasuk informasi yang aksesnya membutuhkan ijin dari PPID.
  4. Petugas Informasi langsung meneruskan formulir permohonan kepada PPID apabila informasi yang diminta termasuk informasi yang aksesnya membutuhkan ijin dari PPID guna dilakukan uji konsekuensi.
  5. PPID melakukan uji konsekuensi berdasarkan Pasal 17 Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik terhadap permohonan yang disampaikan.
  6. Dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja sejak menerima permohonan, PPID menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Petugas Informasi, dalam hal permohonan ditolak (untuk menolak permohonan: format Pemberitahuan Tertulis Surat Keputusan PPID dalam Lampiran V ).
  7. Dalam jangka waktu 5 (lima) hari kerja sejak menerima permohonan, PPID  meminta Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja terkait untuk mencari dan memperkirakan biaya penggandaan dan waktu yang diperlukan untuk  mengandakan informasi yang diminta dan menuliskannya dalam  Pemberitahuan Tertulis PPID Model B dalam waktu selama-lamanya 3 (tiga) hari kerja serta menyerahkannya kembali kepada PPID untuk ditandatangani, dalam hal permohonan diterima (untuk memberikan ijin: format Pemberitahuan Tertulis PPID dalam Lampiran VI ).
  8. Petugas Informasi menyampaikan Pemberitahuan Tertulis sebagaimana dimaksud butir 6 atau butir 7 kepada Pemohon Informasi selambat-lambatnya  dalam waktu 1 (satu) hari kerja sejak pemberitahuan diterima.
  9. Petugas Informasi memberikan kesempatan bagi Pemohon apabila ingin melihat terlebih dahulu informasi yang diminta, sebelum memutuskan untuk menggandakan atau tidak informasi tersebut.
  10. Dalam hal Pemohon memutuskan untuk memperoleh fotokopi informasi tersebut, Pemohon membayar biaya perolehan informasi kepada Petugas Informasi dan Petugas Informasi memberikan tanda terima (Format Tanda Terima Biaya Penggandaan Informasi dalam Lampiran VII ).
  11. Dalam hal informasi yang diminta tersedia dalam dokumen elektronik (softcopy), Petugas Informasi pada hari yang sama mengirimkan informasi tersebut ke email Pemohon atau menyimpan informasi tersebut ke alat penyimpanan dokumen elektronik yang disediakan oleh Pemohon tanpa memungut biaya.
  12. Petugas Informasi menggandakan (fotokopi) informasi yang diminta dan memberikan informasi tersebut kepada Pemohon sesuai dengan waktu yang termuat dalam Pemberitahuan Tertulis atau selambat-lambatnya dalam jangka waktu 2 (dua) hari kerja sejak Pemohon membayar biaya perolehan informasi.
  13. Pengadilan dapat memperpanjang waktu sebagaimana dimaksud butir 12  selama 1 (satu) hari kerja apabila diperlukan proses pengaburan informasi dan selama 3 (tiga) hari kerja jika informasi yang diminta bervolume besar.
  14. Untuk pengadilan di wilayah tertentu yang memiliki keterbatasan untuk mengakses sarana fotokopi, jangka waktu sebagaimana dimaksud dalam butir dapat diperpanjang selama paling lama 3 (tiga) hari kerja.
  15. Setelah memberikan fotokopi informasi, Petugas Informasi meminta Pemohon menandatangani kolom penerimaan informasi dalam Register Permohonan.

 
B. Prosedur Khusus

 Prosedur Pelayanan Khusus dan Jangka waktu Penyelesaian Pelayanan sebagaimana gambar berikut:

1. Pemohon mengisi formulir permohonan yang disediakan Pengadilan (format Formulir Pemohonan Model B dalam Lampiran VIII ).

2.   Petugas Informasi mengisi Register Permohonan (format Register Permohonan  dalam Lampiran IV ).

3.   Petugas Informasi dibantu Penanggungjawab Informasi di unit/satuan kerja terkait mencari informasi yang diminta oleh Pemohon dan memperkirakan biaya perolehan informasi dan waktu yang dibutuhkan untuk penggandaannya.

4.   Apabila informasi yang diminta telah tersedia dan tidak memerlukan ijin PPID, Petugas Informasi menuliskan keterangan mengenai perkiraan biaya perolehan informasi dan waktu yang dibutuhkan untuk penggandaannya dalam formulir permohonan yang telah diisi Pemohon (format Formulir Pemohonan Model B dalam Lampiran VIII ).

5.   Proses untuk pembayaran, penyalinan dan penyerahan salinan informasi kepada Pemohon dalam Prosedur Khusus, sama dengan yang diatur untuk Prosedur Biasa dalam butir 10 sampai dengan butir 15.

6.   Petugas Informasi memberikan kesempatan bagi Pemohon apabila ingin melihat terlebih dahulu informasi yang diminta, sebelum memutuskan untuk  menggandakan atau tidak informasi tersebut.